Trik Jitu Memulai Pola Hidup Sehat

olahraga

FAST GYM – Meski mudah untuk dilakukan namun banyak orang yang belum dapat menerapkan pola hidup sehat. Bahkan tak sedikit pula yang belum mengetahui bagaimana menjalani hidup sehat. Yuk, disimak trik jitu memulai pola hidup sehat yang baik dan benar.

Secara medis, hidup sehat dan bahagia merupakan salah satu faktor penting untuk panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dikutip dari laman Hellosehat.com, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat. Apa saja? yuk disimak penjelasannya dibawah ini

Kendalikan Stres

Banyak hal yang bisa membuat kamu stres seperti, acet di jalan, deadline tugas atau kerjaan yang mencekik, keuangan yang tersendat, hubungan asmara yang sedang renggang, dan berbagai perahara hidup lainnya tentu bisa membuat kamu stres.

Orang yang tidak mampu mengendalikan stres yang dialaminya dapat mengalami nyeri kepala, nyeri perut, gangguan tidur, penyakit tertentu, dan depresi.

Seiring dengan berjalannya waktu, stres yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Nah, oleh sebab itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kamu stres.

Berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang kamu kerjakan adalah hal lumrah. Tenangkan diri sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

Coba lakukan hal tersebut berulang kali sampai kamu merasa lebih rileks. Mengambil napas dalam-dalam sendiri telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Lakukan berbagai aktivitas lainnya yang Anda senangi. Misalnya, membaca, menulis jurnal, atau pun bermain dengan hewan peliharaan. Intinya, buatlah diri Anda merasa nyaman dengan cara yang Anda senangi.

Cerdas memilih makanan

Apa yang kamu makan tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh sebabnya, penting untuk memerhatikan setiap makanan yang kamu konsumsi setiap hari demi pola hidup sehat.

Pastikan kalau makanan yang kita makan memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Kamu bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus.

Perhatikan pula porsi makan. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah kamu mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, apapun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, kita juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Mulailah mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

Olahraga rutin setiap hari

Olahraga tak selalu harus dilakukan di tempat kebugaran atau hanya dengan jogging. Cobalah berbagai jenis olahraga yang memang kamu sukai. Jika suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya. Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah tubuh tetap aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik, kamu jadi merasa lebih bugar.

Nah, bagi para pekerja kantoran yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, kamu bisa mencoba melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana guna memastikan tubuh tetap bergerak.

Saat menuju ruangan kantor, cobalah untuk memilih naik tangga ketimbang naik lift atau eskalator. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan atau sekadar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.

Terkadang dengan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari bisa membantu menjadi lebih aktif berolahraga.

Kurangi gula mulai hari ini

Yuk, mulai mengurangi konsumsi gula-gulaan hari ini. Kenapa? Asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Nah, jika sudah terkena diabetes, kamu akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung dan stroke.

Mulailah secara perlahan-lahan. Jika biasanya kamu minum kopi dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok saja. Setelah terbiasa, kamu bisa menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir kopi.

Alih-alih minum minuman kemasan, lebih baik makan buah segar. Selain lebih sehat, gula yang terkandung di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan.

Tak hanya gula, kamu juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Perbanyak konsumsi air putih

Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh adalah air. Setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kamu bernapas. Inilah mengapa, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap hari.

Lebih jauh, memastikan bahwa asupan cairan terpenuhi dengan baik tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh bagi kamu agar tidak mengonsumsi minuman manis.

Bawalah botol minum sendiri ke mana pun kamu pergi. Masukkan botol tersebut dalam tas, sehingga tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

Cukup Tidur 7-9 Jam Sehari

Percuma saja jika kamu rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi namun tidak cukup waktu tidurnya. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan kamu. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan kamu.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam.

Baca Juga:

Jangan Sembarangan Memberi Multivitamin pada Anak, Ini 5 Aturannya
4 Trik Bikin Si Kecil Menyukai Sayuran
5 Trik Jitu Lepaskan Anak dari Kecanduan Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.