4 Trik Bikin Si Kecil Menyukai Sayuran

Makan Sayur

FAST GYM – Bagi sebagian besar orang tua pasti pernah mengalami, anak-anaknya tidak menyukai makanan sayuran. Membuat si kecil menyukai sayuran memang menjadi tantangan tersendiri bagi para bunda. Untuk itu, mungkin trik ini bisa dicoba bunda agar anak mulai menyukai sayuran.

Sangat penting untuk mengenalkan sayuran pada anak sejak usia dini. Membiasakan mereka mengonsumsi sayuran dapat mendorong si kecil menyukai makanan dengan asupan nutrisi tinggi tersebut.

Mengenalkan sayuran pada si kecil bahkan bisa dimulai sejak usia 6 bulan, saat pertama kali mereka mulai menerima makanan padat. Bunda juga bisa menambahkan berbagai macam sayuran ke dalam bubur anak.

Dilansir dari laman HelloSehat, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar si kecil mulai menyukai sayuran.

Biasakan anak untuk makan sendiri

Membiasakan si kecil untuk makan sendiri dapat membantu ia mengenali tekstur sayuran. BUnda bisa memotong sayuran kecil-kecil sehingga lebih mudah digenggam dan menjadi camilan anak.

Pilih sayuran yang terasa manis

Labu atau wortel bisa menjadi pilihan sayuran yang terasa manis sehingga lebih mudah disukai anak-anak. Jika sudah terbiasa dengan satu macam sayuran, bunda bisa tambahkan jenis sayuran baru yang belum pernah ia rasakan ke dalam menu makanannnya.

Pilihlah sayuran dengan rasa, tekstur, bentuk, dan warna yang berbeda. Dengan begitu, anak mengenali berbagai jenis sayuran, tidak hanya satu atau dua jenis saja.

Kenalkan jenis sayuran baru ke anak

Ada banyak jenis sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda, sehingga anak perlu makan berbagai jenis sayuran yang banyak. Dengan begitu, anak juga tidak mudah bosan dengan makanan yang ia konsumsi.

Pertahankan kebiasaan memberikan anak berbagai macam sayuran sampai anak tumbuh besar. Jika anak menolak makan sayuran tertentu, teruslah coba untuk memberikannya lagi dan lagi.

Anak biasanya perlu mencoba sekitar 10 kali untuk bisa menerima makanan baru dan lebih dari 10 kali untuk memutuskan bahwa mereka menyukainya. Jadi, teruslah coba memberikan sayuran ke anak.

Kreasikan menu anak dengan sayuran

Anda bisa mengombinasikan sayuran dengan ayam, daging, sosis, bakso, jamur, kentang, dan lainnya dalam menu sayuran yang Anda buat, sehingga anak tertarik mencobanya. Atau, Anda juga bisa menyelipkan sayuran dalam roti, pizza, mie, pasta, bahkan jus sekali pun.

Agar rasa sayuran disenangi anak, Anda mungkin bisa mencoba untuk memanggang sayuran dengan bumbu rempah dibandingkan hanya mengukus sayuran.

Baca Juga:
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pemanasan Sebelum Olahraga
Sudah Berjalan Kaki Hari Ini? Ini Manfaatnya
Seberapa Banyak Kamu Harus Minum Air Saat Berolahraga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.