Siapa Suka Handstand? Ini Lho Manfaatnya

Manfaat gerakan handstand
Gerakan handstand dalam gymnastic ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Foto: Fast Gym

FAST GYM – Handstand merupakan salah satu teknik gerakan di olahraga gymnastic yang digemari anak-anak. Posisinya yang menantang dan memberikan sensasi unik membuat anak-anak mau melakukannya berulang-ulang. Handstand juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lho.

Handstand atau yang dalam bahasa Sansekerta disebut dengan Adho Mukha Vrksasana ini adalah “menu wajib” dalam setiap sesi latihan di Fast Gym Club.

Dikutip dari laman Livestrong.com, yuk kita simak beberapa manfaat dari gerakan memutar tubuh secara terbalik ini.

Meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh

Posisi handstand yang membuat kepala di bawah dan kaki di atas menuntut keseimbangan dan kekuatan tangan yang maksimal. Kamu juga perlu mempertahankan keseimbangan agar tidak mudah jatuh. Di Fast Gym biasanya anak-anak melakukan pose handstand selama 30 hingga 60 detik dengan dua kali pengulangan.

Handstand bagus untuk tulang belakang

Selain bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, handstand juga menuntut fleksibilitas tubuh, terutama di area tulang belakang. Rutin melakukan handstand juga dapat menghindarkan kamu dari berbagai gangguan tulang belakang.

Meningkatkan sirkulasi darah

Dengan melakukan gerakan terbalik, aliran darah di tubuh bagian atas akan meningkat sehingga memberikan manfaat pada tulang belakang, otak, dan kelenjar pituitary.

Kelenjar pituitari adalah organ kecil yang berada di bawah otak. Kelenjar ini menghasilkan hormon atau zat yang masuk ke aliran darah dan membantu mengendalikan banyak proses dan fungsi pada tubuh.

Menurut Yoga Journal, hal ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran, menghilangkan depresi, hingga menyegarkan sistem saraf.

Mampu mengurangi stress

Menurut Eleanor McKenzie, penulis 15 buku mengenai kesehatan, gerakan ini mampu mengurangi stres karena meningkatkan sistem respirasi yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Posisi tersebut juga memberi efek menenangkan lantaran menstabilkan detak jantung.

McKenzie juga menyampaikan melalui tulisannya di situs Azcentral.com bahwa posisi tersebut dapat membantu tubuh mengeluarkan racun karena lancarnya aliran darah. Regulasi hormon juga akan semakin membaik sehingga otak dapat bereaksi lebih tenang ketika menghadapi pemicu stres.

Gerakan dengan menopang tubuh ini wajib dilakukan secara hati-hati dengan pengawasan dari para pelatih. Jangan sampai niat kamu untuk sehat malah mendatangkan cedera.

Baca Juga:
Trik Menangani Anak Korban Bullying
Akibatnya Keseringan Main Game Online
5 Trik Mengembangkan Bakat Olahraga Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.