5 Trik Mengembangkan Bakat Olahraga Anak

FAST GYM – Sejak lahir, anak-anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Sebagian mungkin menyukai hal yang berkaitan olahraga. Orang tua memiliki peran penting untuk mengembangkan bakat olahrga anak.

Itu mengapa penting bagi orangtua untuk mengembangkan bakat olahraga anak sejak dini agar ia bisa beraktivitas fisik sesuai apa yang ia suka. Tapi, bagaimana caranya, ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Mengembangkan bakat olahraga anak bukanlah hal mudah. Dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan kesabaran untuk melakukannya. Namun secara umum, berikut ini tiga cara yang bisa coba ayah bunda terapkan:

Kenalkan Berbagai Jenis Olahraga

Jika Si Kecil memiliki ketertarikan pada aktivitas fisik, bunda bisa mulai mengenalkan berbagai jenis olahraga. Mulai dari olahraga berjalan kaki, lari, sepak bola, bulu tangkis, voli, basket, dan olahraga lainnya. Dengan begitu, bunda bisa membantu Si Kecil untuk mengenali olahraga apa yang ia sukai.

Ajak Anak untuk Olahraga Bareng

Sambil mengenalkan berbagai macam olahraga, tak ada salahnya ayah bunda mengajak si kecil untuk berolahraga bersama. Ajang car free day bisa menjadi moment yang tepat untuk menggali minat anak dengan bersepeda, jalan kaki, atau jogging.

Perhatikan Antusiasme Anak Saat Berolahraga

Saat Si Kecil berolahraga, lihatlah antusiasme dan perilakunya. Ini bertujuan untuk mencari tahu apakah Si Kecil menikmati aktivitas fisik yang dilakukannya. Bunda juga bisa bertanya pada Si Kecil, “Bagaimana? Adik suka?”, “Besok mau main ini lagi?”, dan pertanyaan lain untuk mencari tahu ketertarikan Si Kecil pada hal yang dilakukannya.

Biarkan Si Kecil bercerita hal apapun dan dengarkan dengan baik, meskipun hal tersebut tidak terdengar menarik bagi ibu. Dengan melihat dan mendengar, seharusnya ibu bisa mengetahui jenis olahraga apa yang paling Si Kecil sukai.

Selalu Beri Motivasi Anak

Dikutip dari laman Indopos.co.id, Psikolog Anak, Roslina Verauli sebisa mungkin orang tua tidak memaksakan anak sesuai dengan keinginan orang tua. Menurut Roslina, setiap anak mempunyai minat maing-masing sehingga orang tua berperan untuk selalu memotivasi dan mengarahkan anak ke hal-hal yang positif.

Ikutsertakan Anak di Klub Olahraga

Memberikan fasilitas yang memadai guna meningkatkan bakat Si Kecil menjadi salah satu bentuk mengembangkan bakat olahraga anak. Jika mungkin, ibu bisa memasukkan Si Kecil pada klub olahraga yang disukainya, atau mengikutsertakan Si Kecil pada lomba olahraga.

Baca Juga:

Ini Manfaat Olahraga untuk Balita
6 Cara Mudah Mengajak Anak Berolahraga
5 Trik Melepaskan Anak dari Kecanduan Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.